Sabtu, 24 Desember 2011

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Asi Eksklusif pada Bayi di Puskesmas Paal Merah Kota Jambi Tahun 2011.

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BAITURRAHIIM JAMBI
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
Tahun 2011

ABSTRAK
Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Asi Eksklusif pada Bayi di Puskesmas Paal Merah Kota Jambi Tahun 2011.
Eka Firmanila. Dibawah bimbingan
Daryanto, S.KP, M,Kep *) dan Ns. Nurhusna, S.Kep**)
Prevalensi pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih rendah. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi pada tahun 2009 cakupan ASI eksklusif di Prpvonsi Jambi 10,3 %. Penelitian bertujuan untuk menganalisa faktor - faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi di wilayah kerja Puskesmas Paal Merah Kota Jambi Tahun 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh Ibu yang memiliki bayi 0-6 bulan yang melakukan kunjungan di Puskesmas Paal Merah II Kota Jambi. Jumlah sampel yang dibutuhkan 69, dipilih accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi - square.
Dari hasil analisis univariat menunjukkan bahwa 16 (23,2 %) responden yang memberikan Asi Eksklusif, 23 (33,3%) responden dengan tingkat pendidikan yang tinggi, 14 (20,3%) responden memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi, 34 (49,3%) responden memiliki sikap positif terhadap pemberian Asi Eksklusif dan 19 (27,5%) responden bekerja sebagai ibu rumah tangga. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat 4 (empat) variabel yang mempunyai hubungan yang bermakna dengan pemberian ASI eksklusif adalah faktor umur pendidikan (p-value=0,008), pengetahuan ibu (p-value=0,014), sikap ibu (p-value=0,039) dan pekerjaan ibu (p-value=0,001).
Rendahnya prevalensi pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Paal Merah II sehingga disarankan kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Paal Merah II agar lebih aktif dalam memberikan dukungan serta penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pemberian ASI eksklusif sehingga meningkatkan pemberian Asi Ekskusif untuk menambah kualitas kecukupan gizi.
Kata Kunci : Faktor-faktor yang mempengathui Pemberian Asi Ekskusif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar